Minggu, 12 Juni 2016

Analisis IFAS, EFAS dan SFAS


CONTOH KASUS TOSERBA SEJAHTERA 


Analisis IFAS ( Internal Strategic Factors Summary )

Faktor Strategi Internal
(1)
Bobot
(2)
Rating
(3)
B x R
(4)
Keterangan
(5)

STRENGHT (kekuatan) :

1. Letak perusahaan yang strategis

2. Produk yang berkualitas



3. Brand image yang baik



4 . Pengalaman manajemen pemasaran yang lama

5.Loyalitas konsumen yang tinggi




0,25


0,20



0,20



0,25


0,10



4


4



4



4


3




1


0,80



0,80



1


0,30



Tempat perusahaan yang strategis karena mudah dijangkau

Memiliki produk yang berkualitas dapat menarik minat konsumen untuk membeli

Brand image yang baik menjadi suatu nilai tambah bagi produk perusahaan

Mudah memasarkan produk yang akan dijual

Perusahaan akan mudah mempertahankan konsumen

Total kekuatan
1,00

3,90


WEAKNESS (kelemahan) :

1. Kurang agresif dalam promosi dan periklanan


2. Terlalu berpuas diri terhadap apa yang telah dicapai 

3. Efisiensi keuntungan rendah

4. Kurang efisien dalam pengelolaan dana




0,25



0,25



0,25


0,25



1



2



3


2



0,25



0,50



0,75


0,50



Kurangnya mempromosikan barang/produk kepada para konsumen

Para manajer yang terlalu berpuas diri dengan apa yang sudah dicapai

Kurang efisien dalam mengelola keuntungan

Membeli sesuatu yang kurang dibutuhkan

Total kelemahan
1,00

2





Analisis EFAS (Eksternal Strategic Factors Summary)

Faktor Strategi Internal
(1)
Bobot
(2)
Rating
(3)
B x R
(4)
Keterangan
(5)

OPPORTUNITIES (peluang)

1. Dapat melihat kebutuhan konsumen sesuai dengan perubahan gaya hidup masyarakat.

2. Banyaknya orang-orang yang berimigrasi ke kota bumi





3. Banyaknya pemasok barang-barang rumah tangga



4. Perusahaan dapat melakukan perluasan pasar




0,25




0,20







0,30




0,25



4




3







3




3



1




0,60







0,90




0,75



Melihat kebutuhan konsumen sesuai dengan perubahan gaya hidup masyarakat atau perubahan zaman

Banyaknya imigran dikota bumi dan tingkat pendapatan penduduk menjadi meningkat maka kebutuhan konsumen akan barang pun meningkat dan memilih untuk berbelanja di TOSERBA di bandingkan pasar tradisional

Perusahaan memiliki posisi tawar yang kuat sehingga bisa mendapatkan barang yang murah dengan kualitas yang tinggi

Membuka akses pelanggan baru untuk meningkatkan profit dan pertumbuhan jangka panjang

Total peluang
1,00

3,25


THREAT (ancaman) :

1. Pendatang baru yang lebih besar dan efisien

2. TOSERBA lain yang semakin berkembang pesat


3. Peningkatan biaya operasional

4. Peraturan pemerintah untuk perizinan membuka usaha




0,25


0,25



0,20


0,30



1


1



2


1



0,25


0,25



0,40


0,30



Pesaing dari kota lain


Toko kecil yang terus berkembang pesat karena gencar melakukan strategi-strategi

Biaya listrik, pemeliharaan toko, biaya angkutan, gaji karyawan

Pemerintah mengajukan persyaratan yang cukup berat untuk membuka usaha
Total ancaman
1,00

1,20


Strategi umum dan penjelasan arah strategi

Total skor kekuatan     : 3,90
Total skor kelemahan : -2
Total skor peluang       : 3,25
Total skor ancaman     :-1,20

Berdasarkan total skor diatas, maka penentuan posisi perusahaan dapat digambar sebagai matriks SWOT berikut :


 



Selain itu, penentuan koordinat dari gambar tsb adalah sebagai berikut :
Koordinat Analisis Internal    : (Skor total kekuatan – Skor total kelemahan ) / 2 =  ( 3,90 – 2 ) / 2 = 0,95
Koordinat Analisis External   : (Skor total peluang – Skor total ancaman ) / 2 = ( 3,25 – 1,20 ) / 2 = 1,025
Titik koordinat terletak pada (0,95;1,025)
Hasil perhitungan dari masing-masing kaudran dapat digambarkan pada table berikut :
Kuadran
Posisi Matrik
Luas Matrik
Ranking
Prioritas Strategi
I
(3,90 ; 3,25)
12,7
1
Growth
II
(-2 ; 3,25)
-6,5
3
Stabilitas
III
(-2;-1,20)
2,4
2
Kombinasi
1V
(3,90;-1,20)
-4,68
4
Penciutan



Posisi TOSERBA Sejahtera terletak pada kuadran 1 (PERSAINGAN KUAT) dan menggunakan strategi umum sebagai berikut :
1.      Pengembangan pasar :
-          Membuka pasar geografis baru seperti ekspansi regional, nasional internasional
2.      Penetrasi pasar :
-          Menguatkan promosi dan periklanan yang efektif dan variatif sesuai target pasar
3.      Pengembangan produk :
-          Mengembangan versi produk
-          Meningkatkan promosi
4.      Integrasi kedepan
-          Meningkatkan pelayanan dengan memberikan kenyamanan bagi pelanggan
5.      Diversifikasi konsentrik

-          Menciptakan sinergi dengan produk atau pasar yang sudah ada 

Membuat SFAS

SFAS ( Strategi Factors Analysis Summary )

Factor strategis
(1)
Bobot
(2)
Rating
(3)
Skor
(4)
Durasi
(5)
Keterangan
(6)
S
M
L

1. Pengalaman manajemen pemasaran yang lama (S)

2. Kurang agresif dalam promosi dan periklanan (W)

3. Dapat melihat kebutuhan konsumen sesuai dengan perubahan gaya hidup masyarakat. (O)

4. TOSERBA lain yang semakin berkembang pesat (T)

0,25



0,25



0,25





0,25

4



1



4





1

1



0,25



1





0,25

X





X

X







X





X

Mudah memasarkan produk yang akan dijual


Kurangnya mempromosikan barang/produk kepada para konsumen

Melihat kebutuhan konsumen sesuai dengan perubahan gaya hidup masyarakat atau perubahan zaman


Toko kecil yang terus berkembang pesat karena gencar melakukan strategi-strategi

Total SFAS
1,00

2,50





Sebagai blogger pemula mungkin hanya ini saja yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semoga bermanfaat :) 

5 komentar:

  1. Kak sya masih bingung cara mencari data & memasukkan datanya gmana iyaa... Terimakasih banyak

    BalasHapus
  2. Cara kita mendapatkan skor itu dri mana ya kak..masih bingung

    BalasHapus
  3. The best titanium price per ounce w/ Bitcoin? - TiMetalArt
    titanium pot articles › articles › titanium color articles Find all the Best TiMetalArt crypto coins available to purchase titanium bolt at the best online Bitcoin where to buy titanium trim wallet. titanium trim as seen on tv

    BalasHapus